Perangkat Pembuatan Aplikasi Multimedia
Pada perangkat multimedia selain didukung hardware pasti didalam hardware tersebut tersimpan perangkat lunak atau software agar si perangkat keras dapat berjalan dengan semestinya atau dalam kaa lain dengan cara otomatis. Maka dari itu, hubungan software dengan hardware saling berkesinambungan. Perangkat keras multimedia merupakan alat pengolah suatu teks, audio, gambar, video atau animasi yang dapat berjalan secara otomatis dan elektronis. Sedangkan software lebih ke dalam hardware tersebut, dalam arti dapat mempengaruhi dan mengonrol kinerja dari perangkat keras tersebut.
Perangkat Keras (Hardware)
1.
Perangkat
keras multimedia
Perangkat keras multimedia merupakan
alat pengolah suatu teks, audio, gambar, video atau animasi yang dapat berjalan
secara otomatis dan elektronis. Perangkat keras yang dibutuhkan
untuk multimedia dapat dikelompokkan menjadi lima, yaitu perangkat konektor,
input, output, penyimpan dan perangkat komunikasi
a.
Perangkat
konektor
Diantara beberapa perangkat
komputer, monitor, hardisk, video proyektor, speaker dan perangkat-perangkat
lain, terdapat terdapat kabel-kabel yang menghubungkan. Kecepatan transfer data
perangkat konektor yang digunakan akan menentukan kecepatan pengiriman content
multimedia.
Beberapa perangkat konektor yang biasa digunakan adalah :
-
Small computer
system interface (SCSI)
SCSI merupakan perangkat
standar untuk penghubung secara fisik dan pertukaran data antara komputer dan
peripheral. Standar SCSI mendefinisikan perintah, protokol, serta antarmuka
elektrik dan optic. SCSI biasa digunakan untuk hard disk.
2.
Media
control interface (MCI)
MCI merupakan perpanjangan dari
API untuk mengendalikan peripheral multimedia yang terhubung dengan computer.
MCI terdiri dari empat bagian, yaitu AVI video, CD audio, sequencer dan wave
audio.
3.
Intergrated
drive electronic (IDE)
Antarmuka IDE merupakan
standard untuk media penyimpan yang terhubung ke komputer.
4. Universal
serial bus (USB)
USB merupakan standard bus
serial untuk menghubungkan beberapa perangkat. USB di desain untuk memungkinkan
berbagai peripheral terhubung menggunakan sebuah soket antarmuka standard dan
memiliki kemampuan plug and play, artinya perangkat dapat dipasang dan dilepas
tanpa harus mematikan komputer terlebih dahulu.
5.
High-definition
multimedia interface (HDMI)
HDMI adalah sebuah standard
koneksi digital yang dirancang untuk menampilkan gambar dan suara resolusi
tinggi. Kelebihannya adalah, kabel HDMI dapat menampilkan gambar Full-HD,
Surround Sound, control signal, bahkan data Ethernet, hanya dengan satu kabel.
Unsur – unsur perangkat keras multimedia antara lain unit
input, cpu, storage dan unit output.
Unit
input :
Unit masukan adalah peranti tempat
untuk memasukkan data dan program yang akan
diproses di dalam komputer multimedia.
Contoh yang termasuk unit input :
a.
Keyboard
Papan ketik (bahasa Inggris: keyboard) atau kibor adalah
peranti untuk mengetik atau memasukkan huruf, angka, atau simbol tertentu ke
perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer. Papan ketik
/ keyboard terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf, angka, atau
simbol yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa sistem operasi, apabila dua
tombol ditekan secara bersamaan, maka akan memunculkan fungsi khusus atau
pintasan yang telah diatur sebelumnya.
Ada berbagai jenis tata letak tombol
pada papan ketik. Akan tetapi, yang paling populer dan umum digunakan adalah
tata letak QWERTY, meniru sistem tata letak mesin ketik. Papan ketik tipe baru
biasanya mempunyai tombol tambahan di atas tombol fungsi (F1, F2, dst.) untuk
mempermudah pengguna dalam mengoperasikan komputer. Selain itu, papan ketik
baru juga sudah banyak yang mendukung teknologi nirkabel.
b.
Webcam
Webcam (singkatan dari web camera) adalah
sebutan bagi kamera real-time (bermakna keadaan pada saat ini
juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web,
program instant messaging, atau aplikasi video call.
Istilah webcam merujuk pada teknologi secara umumnya, sehingga kata web
kadang-kadang diganti dengan kata lain yang mendeskripsikan pemandangan yang
ditampilkan di kamera, misalnya StreetCam yang memperlihatkan pemandangan
jalan. Ada juga Metrocam yang memperlihatkan pemandangan panorama kota dan
pedesaan, TraffiCam yang digunakan untuk memonitor keadaan jalan raya, cuaca
dengan Weather Cam, bahkan keadaan gunung berapi dengan VolcanoCam. Webcam atau
web camera adalah sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan ke
komputer melalui (biasanya) port USB ataupun port COM.
c.
Scanner
Pemindai atau scanner merupakan suatu alat
yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen,
foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan
ditransformasikan ke dalam komputer sebagai
data digital.
Terdapat beberapa jenis pemindai bergantung pada kegunaan dan cara kerjanya,
antara lain:
·
pemindai gambar
6 .
CPU
Unit Pengolah Pusat (UPP) (bahasa Inggris: CPU,
singkatan dari Central Processing Unit), merujuk kepada perangkat keras komputer yang
memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat
lunak dan juga Merupakan pusat
kendali sistem komputer
Komponen
CPU :
·
Unit kontrol
·
Register
·
ALU
·
CPU Interconnections
Unit Output
1.
Printer
2.
Monitor
3.
Ploter
Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat
dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan
berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata
lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan
perbedaan dengan perangkat keras komputer. Di bawah ini ada beberapa contoh
macam perangkat lunak, yaitu: Perangkat lunak aplikasi (application software)
seperti pengolah kata, lembar tabel hitung, pemutar media, dan paket aplikasi
perkantoran seperti OpenOffice.org. Sistem operasi (operating system) misalnya
Ubuntu. Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool)
seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan
bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan. Pengendali perangkat
keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras
pembantu dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan dan juga
sekolah, yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya.
a.
Bahasa
Pemrograman Multimedia
Bahasa pemrograman Multimedia adalah bahasa-bahasa yang digunakan
programmer untuk membuat aplikasi multimedia. Contohnya Assembly, C, C++, Power
Builder, Delphi, SQL, Visual Basic dan Java.
b.
Perangkat
Lunak Sistem (System Software)
Perangkat lunak ini terdiri
dari sistem operasi (Operating System) misalnya DOS (Disc Operating System),
Windows 95/98/ME, Windows NT/2000, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux atau
Mac OS. Perangkat lunak lainnya adalah aplikasi utilitas (utility application)
misalnya aplikasi Antivirus.
c.
Perangkat
Lunak Aplikasi Multimedia
Perangkat lunak aplikasi
multimedia merupakan aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh personal atau
organisasi untuk user yang beroperasi dalam bidang-bidang multimedia spesifik
seperti grafik 2D, modeling dan animasi.
1)
Perangkat Pengolah Teks
Aplikasi pengolah teks yang banyak digunakan misalnya Microsoft
Word, Word Star for Windows, Word Perfect dan Star Writer, sedangkan beberapa
aplikasi pengolah teks yang bersifat open source misalnya Open Writer, KWriter
dan Abi Word.
2)
Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Grafik 2D
Aplikasi pengolah grafik 2D dibagi menjadi dua bagian yaitu:
- Grafik 2D Vector, misalnya Corel Draw, Macromedia Freehand dan
Adobe Illustrator.
- Grafik 2D Image (Raster), misalnya Adobe Photoshop, Jasc Paint
Shop Pro, Gimp. Animasi, misalnya Macromedia Flash.
3) Perangkat Lunak
Pengolah Animasi dan Modeling Grafik 3D
Contoh dari perangkat lunak
Animasi dan modeling Grafik 3D adalah 3D Studio MAX, Maya, Softimage,
LightWave, Blender dan lain sebagainya.
d.
Perangkat
Lunak Authoring Multimedia
Authoring merupakan aplikasi
komputer yang memberikan peluang kepada pengguna untuk mengembangkan sebuah perangkat
lunak dengan dragging dan dropping berbagai objek multimedia tanpa harus
mengetahui penggunaan dan pemahaman bahasa pemrograman, misalnya Macromedia
Authoring, sedangkan aplikasi authoring yang dilengkapi dengan pemrograman
misalnya Macromedia Director dengan dilengkapi Lingo (Bahasa pemrograman).
Jenis perangkat ini dibagi
menjadi tiga kategori yaitu authoring berbasis halaman, authoring berbasis icon
dan authoring berbasis waktu. Authoring berbasis halaman merupakan authoring yang bekerja berbasis
halaman atau buku dengan mengorganisasi elemen-elemen dalam halaman atau buku
tersebut. Contoh dari aplikasi ini adalah HyperCard dan ToolBook Assistant.
Authoring berbasis icon
menggunakan konsep flowchart untuk membuat aliran elemen-elemen multimedia yang
dihubungkan bersama atau secara sendiri-sendiri yang secara khusus menampilkan
diagram alir aktivitas sepanjang jalur percabangan, contohnya adalah Microsoft
Power Point dan Macromedia Authorware.
Authoring berbasis waktu
merupakan pengembangan paket multimedia sebagai pengorganisasian objek
sepanjang lini waktu. Frame yang diorganisasikan secara berurut kemudian
ditampilkan kembali kepada pengguna. Contoh aplikasi yang menggunakan cara ini
adalah Macromedia Director. Authoring DVD adalah aplikasi yang digunakan untuk
menampilkan menu interaktif movie, contohnya adalah Pinnacle Impression, Sonic
ReelDVD dan Ulead DVD Workshop.
e.
Perangkat
Lunak Aplikasi Berbasis Web
Contoh produk-produk mendesain
web antara lain adalah Macromedia Flash yang digunakan untuk membuat animasi
grafis pada web, Macromedia Dreamweaver dan Microsoft Front Page.Secara umum,
perangkat multimedia dikelompokkan menjadi dua, yaitu perangkat keras dan
perangkat lunak. Perangkat keras yang dibutuhkan
untuk multimedia dapat dikelompokkan menjadi lima, yaitu perangkat konektor,
input, output, penyimpan dan perangkat komunikasi.
Perangkat lunak multimedia adalah komponen-komponen dalam data
processing system, berupa program-program untuk mengontrol bekerjanya sistem
komputer multimedia
No comments:
Post a Comment