Konsep
Dasar Multimedia
Multimedia
pada saat ini merupakan suatu kebutuhan di dalam ruang lingkup masyarakat,
terlebih teknologinya bisa dikatakan sudah tergolong mutakhir. Apalagi di era
modern ini semua informasi di sampaikan melalui digital bisa berbentuk teks,
audio, video, dan sebagainya. Oleh karena itu, multimedia menjadi sebuah acuan
untuk penyampaian informasi pada zaman sekarang ini.Multimedia banyak dimanfaatkan di berbagai macam bidang
seperti : Hiburan(animasi), Game(trailer game), Pendidikan(media pengajaran),
Bisnis(presentasi, company profile), dan seterusnya. Multimedia apabila
dipecah, diperoleh 2 kata, yaitu multi dan media. Multi bisa berarti banyak
atau beraneka ragam, sedangkan media adalah sesuatu yang digunakan untuk
menyampaikan atau membawakan informasi kepada orang lain. Sehingga dapat
diperoleh makna multimedia yaitu, penggunaan dan pemanfaatan berbagai macam
media untuk menyampaikan suatu informasi kepada orang lain.
Multimedia dapat digunakan menjadi nilai
edukasi dan penyampaian informasi karena Multimedia merupakan suatu sarana
komunikasi yang berupa gabungan dari text, gambar, animasi, video dan audio.
Contoh dari bentuk-bentuk multimedia ini sebagai berikut : video komersial,
advertisement, animasi flash, trailer video, dan banyak hal-hal lainnya. Multimedia
dimana pengguna/pemakai dapat berinteraksi dengan komponen-komponen dalam
multimedia tersebut dinamakan interactive multimedia, Contoh : website, dst.
Multimedia menggunakan komputer untuk menyajikan gabungan text, gambar, video,
dan audio.
A.
Prinsip
multimedia
Prinsipnya
adalah dengan menyampaikan suatu informasi dengan menggunakan bentuk yang lain
(digital) berbentuk audio, gambar teks, maupun video yang dikirimkan melalui
jaringan internet maupun perangkat yang dapat membaca data informasi tersebut.
Dengan begitu ada kemudahan untuk mendapatkan informasi dengan lebih cepat.
B.
Komponen multimedia
Adapun terdapat komponen-komponen Multimedia secara
garis besar sesuai dengan penggunaan atau aplikasi program multimedia komputer
antara lain :
1.
Text
Media text merupakan media yang paling mudah
disimpan, diedit, dan sedikit penggunaan memori untuk menyimpannya.
Jenis media text :
-
Plain Text
Plain Text merupakan
jenis text yang paling dasar, berbentuk kode ASCII. Plain text tidak
terenkripsi maupun informasi yang di-embed di dalamnya.
-
Rich Format Text
Rich
format text atau mungkin kita lebih populer dengan rich text format (RTF)
merupakan sekumpulan text yang telah diformat. Karena telah diformat, RTF mampu
menampilkan teks-teks dengan format sederhana, seperti huruf tebal, huruf
miring, paragraf, dan lain-lain.
-
Hyper Text
Hyper text diperkenalkan oleh Ted Nelson pada tahun
1965. Beberapa keunggulan hyper text antara lain, bersifat linking yaitu dokumen
satu mempunyai hubungan dengan dokumen yang lain dan non linear yaitu kita bisa
berpindah-pindah dari halaman satu ke halaman lain dengan sesuka hati.
Dua contoh hyper text yang sangat populer saat ini:
-
HTML
Hyper text markup language, kegunaannya:
·
control tampilan web
·
mendukung link
·
mampu menambah object
-
XML
·
extensible markup language, kegunaannya:
·
sederhana dan terstruktur
·
cepat dan portable
·
mudah di-maintenance
2. Gambar (graphics)
Gambar
menjadi salah satu yang termasuk dalam multimedia karena manusia cenderung
lebih mudah menangkap maksud suatu informasi melalui gambar (penglihatan)
daripada menggunakan text (kata).
Ada dua jenis media gambar, yaitu yang berbasis
vector dan berbasis bitmap.
-
Vector
Gambar
yang berbasis vector merupakan gambar yang menggunakan rumus-rumus matematika
sebagai dasar untuk menampilkan gambar. Gambar dibentuk dari beberapa point.
Dari beberapa point tersebut, diterapkan rumus-rumus matematika yang dapat
diterjemahkan menjadi gambar. Karena berbasis vector, ketika dizoom, gambar
tidak rusak, karena gambar hanya rumus-rumus matematika yang variabelnya dapat
diubah-ubah.
Kekurangan
dari gambar yang berbasis vector yaitu gambar yang dihasilkan tidak bisa sangat
realistis. Sedangkan kelebihannya dibandingkan dengan bitmap, yaitu ukuran file
yang relatif kecil, karena hanya menyimpan data point dan rumus. Contoh file
gambar berbasis vector yang terkenal adalah .cdr (file corel draw).
-
Bitmap
Gambar
bitmap adalah gambar yang didasarkan dari representasi bit-bit yang membentuk
pixel (picture element) dan warna. Kualitas gambar bitmap bergantung pada
resolusi dan ketajaman warna.
Resolusi merupakan
ukuran panjang dan lebar suatu gambar, biasanya dinyatakan dalam ukuran pixel.
Setiap pixel mengandung informasi warna. Informasi warna tiap pixel inilah yang
biasanya menentukan kualitas suatu gambar
3.
Suara
Suara
atau merupakan fenomena fisik yang dihasilkan getaran benda yg berupa sinyal
analog dengan amplitudo yg berubah secara kontinyu terhadap waktu. Komponen
audio terdiri dari:
Frekuensi : banyaknya periode dalam satuan
detik, satuannya Hz atau cycles per second (cps)
Amplitudo : tinggi rendahnya suara atau keras
lemahnya suara, satuannya dB
Velocity : kecepatan perambatan gelombang
bunyi sampai ke telinga pendengar, satuannya
m/s
-
Tipe format audio
Uncompressed : Suara masih polos, tidak ada kompress, apa
adanya. Contohnya di Windows WAV, pada umumnya ukuran file relatif besar
Format with lossless
compression : Ada kompresi untuk mengecilkan ukuran file, yaitu dengan
pengurangan bit rate (spektrum). Contohnya Flac (biasanya digunakan untuk
merekam suara)
Format with lossy
compression : Kompresi paling besar dilakukan, untuk mengurangi ukuran file,
kompresi dilakukan untuk menghilangkan suara yang tidak berguna. Biasanya
sizenya tidak terlalu besar. Contohnya mp3, aac, owg (linux), wma (windows)
Software: Winamp, RealPlayer, Windows Media Player,
QuickTime, JetAudio, iTunes dll
4. Video
Video
merupakan teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan ulang
gambar bergerak. Komponen video terdiri dari:
Frames per second :
merupakan jumlah frame per detik. Semakin banyak jumlah frame per detik, maka
kualitas videonya akan lebih bagus. FPS yang menyebabkan terjadinya perubahan
pada video, pergerakan yang terlihat.
Aspek Ratio : merupakan
perbandingan lebar dan tinggi. Tinggi gambar digunakan untuk tentukan jarak
pandang, setiap detail gambar ditampilkan dalam pixel
Resolusi : jumlah pixel
yang digunakan, semakin besar resolusi yang digunakan, maka akan memberikan
gambar yang lebih tajam
Bit Depth : merupakan
ukuran pixel untuk menghasilkan warna, semakin tinggi depth yang digunakan,
warna yang dihasilkan akan lebih tajam. (depth dalam bitmap)
Bit Rate : suatu ukuran
kecepatan bit suatu data dari suatu tempat ke tempat lain, diukur dengan Kbps
dst. Semakin besar bit rate nya semakin halus gambar yang akan dihasilkan.
Dalam pembuatan video
menggunakan 2 teknik:
Interlaced : metode
untuk menampilkan gambar seperti pada televisi analog, yang ditampilkan secara
bergantian antara garis ganjil dan genap secara tepat untuk setiap framenya.
Refresh rate 50-80Hz.
Progressive : metode
untuk menampilkan, menyimpan, dan memancarkan gambar dimana setiap baris untuk
tiap frame digambar secara berurutan. Biasanya digunakan pada CRT monitor
komputer, LCD TV dll.
Teknologi Pertelevisian:
PAL adalah enconding
berwarna yg digunakan dalam televisi broadcast, digunakan untuk garis alternasi
fase. PAL terdiri dari 625 baris dan ditayangkan sebanyak 25 frame dalam satu
detik (fps). 50 Hz refresh rate. Biasanya digunakan di bagian Eropa barat.
Format YUV.
SECAM banyak digunakan
di Prancis, Rusia dan Eropa timur. Berdasarkan frekuensi modulasi dengan 25Hz
refresh rate dan 625 baris.
NTSC membagi 25 baris
per frame dan sebanyak 30 frame dalam satu detiknya atau 29,97 frame per detik
(fps). 525 baris dan 60 Hz refresh rate, digunakan di Amerika, Korea, Jepang
dll. Menggunakan format YIQ.
HDTV standar televisi
baru dengan gambar lebih lebar, lebih jernih dan suara kualitas CD Audio. Aspek
ratio 16:9. Resolusi terdiri dari 1125 baris (1080 baris aktif).
Perbedaan mendasar dari
standar diatas adalah jumlah garis horizontal dalam gambar video, frame
ratenya, jumlah bandwith yang digunakan, apakah menggunakan sinyal AM atau FM
untuk audio videonya.
Beberapa format video :
MOV : dibuat oleh
apple, bersifat lintas platform, digunakan transmisi data di internet, track
audio, video, images, text terpisah.
MPEG : file terkompresi
lossy, pada umumnya beresolusi 352×240, MPEG1 support interlaced dan MPEG2 support progressive, MPEG2 digunakan
untuk HDTV dan DVD
DIVX : codec diciptakan
oleh DivX Inc. File relatif kecil karena
menggunakan MPEG4 part 2 compression.
WMV : code milik
Microsoft yang berbasis pada MPEG4 part 2, gabungan dari AVI dan WMA yang
terkompres. Dapat berekstensi wmv, avi, atau asf.
Referensi :
No comments:
Post a Comment