DARI TUGAS MENGHASILKAN KARYA

SOFTSKILL

Thursday, 26 January 2017

Contoh Proposal Bisnis

Proposal Bisnis





Nama Perusahaan        : Satria Intercommunicated
Alamat                              : Jl.Industri Barokah Ilahi No.13 Bogor kota Jawa Barat
Telepon                           : 021872313



Ringkasan Eksekutif

Kami sebagai pengambil keputusan berkomitmen menjalankan perusahaan secara professional agar bisa menyelesaikan produk tepat waktu dan bisa menjualnya dengan lancar. Kami memiliki target produksi untuk satu tahun kedepan dengan pembuatan 2 produk alat komunikasi, yaitu: sebuah alat komunikasi 2 arah secara bersamaan(full duplex) yang dipasang pada sebuah helm dan sebuah kunci pengaman kendaraan terintegrasi RFID tag. Untuk produk pertama kita akan selesaikan dalam jangka waktu 3 bulan dan untuk produk kedua kita selesaikan dengan estimasi waktu 40 hari

Tujuan


Dalam menjalani usaha, kami mempunyai tujuan yang terencana dengan baik, yaitu tujuan jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

Tujuan jangka pendek:
Kami akan membuat dua produk dengan konsentrasi komunikasi: yaitu Intercom device (alat komunikasi 2 arah full duplex yang dipasang pada sebuah helm) dan sebuah alat pengaman ganda kendaraan bermotor dengan integrasi RFID. Pangsa pasar kami adalah khalayak umum, pengguna kendaraan sepeda motor dan mobil.
Jangka menengah:
Kami akan membuat pengembangan produk dengan point-point dan fitur tertentu dari dua produk tersebut. Pangsa pasar kami adalah khalayak umum, pengguna kendaraan sepeda motor dan mobil.

Jangka Panjang:
Kami akan terus berinovasi membuat produk-produk yang menarik yang mutakhir dan mengikuti perkembangan zaman.


Misi dan Visi Perusahaan


Visi :
Ikut membantu perekonomian Negara dengan membuat produk dalam negeri yang diakui kualitasnya oleh berbagai belahan dunia dengan harga yang terjangkau.
Misi :  
n  Membuat produk yang berkualitas dunia.
n  Berusaha meningkatkan kenyamanan dan kesadaran pengguna kendaraan bermotor
n  Terus berinovasi guna menjadikan produk dalam negeri sebagai primadona di negeri sendiri maupun luar negeri.


Sekilas Perusahaan

Satria Intercommunicated merupakan perusahaan yang memproduksi alat komunikasi dan pengaman kendaraan.

Kepemilikan Perusahaan

Satria Intercommunicated adalah perusahaan pribadi yang didirikan oleh Satria Pamungkas


Sejarah Singkat Perusahaan

Satria Intercommunicated adalah perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan produk komunikasi, khususnya device dan pengaman kendaraan. Didirikan pada tanggal 23 Maret 2013 oleh Satria Pamungkas. Perusahaan ini berlokasi di Jl. Industri Barokah Ilahi No.13 Bogor kota.


Lokasi dan Fasilitas Perusahaan

Satria Intercommunicated Berlokasi di Jl.Industri Barokah Ilahi No.13 Bogor kota Jawa Barat. Tempat usaha berupa bangunan sewa dua lantai dengan ukuran 8x16 meter.


Produk

Satria Intercommunicated mempunyai dua divisi produk, yaitu Intercomsat dan devicesat. Intercomsat adalah divisi yang membuat alat komunikasi wireless , sedangkan devicesat adalah divisi yang fokus dikonsentrasi pengaman kendaraan. Berikut ini adalah produk yang sedang kami buat dan yang akan segera dibuat.

Intercomsat

n  Alat Komunikasi

n  Bluetooth Intercom V.1.0 (alat walkie talkie 2 arah(full duplex) yang dipasang pada helm. Jarak sambung 1000 m.
n  Bluetooth Intercom V.2.0 (alat walkie talkie 2 arah(full duplex) yang dipasang pada helm. Jarak sambung 1200 m.
n  Bluetooth Intercom V.3.0 (alat walkie talkie 2 arah(full duplex) yang dipasang pada helm. Jarak sambung 1500 m.(masih rencana)
n  Bluetooth Intercom V.4.0 (alat walkie talkie 2 arah(full duplex) yang dipasang pada helm. Jarak sambung 1500 m. Dapat tersambung melalui 2-5 alat.(masih rencana)
n  Wireless extender(penambah jarak wifi) (sedang dibuat)


Devicesat

n  Alat pengaman ganda sepeda motor berbasis RFID tag.
n  Alat pengaman ganda mobil berbasis aplikasi dan barcode.
n  Alat pendeteksi keberadaan kendaraan berbasis GPS.


Deskripsi Produk
Intercomsat

n  Alat komunikasi
n  Bluetooth Intercom
Alat ini merupakan gadget yang digunakan untuk keperluan touring atau perjalanan dengan kerabat atau teman. Alat ini dapat berfungsi sebagai telepon dengan jarak antar pengguna adalah 1000-1500m.
Dengan terintegrasi Bluetooth, gadget ini akan disambungkan/pairing kedalam handpone pengguna yang berbasis android.
Fitur Bluetooth intercom V.1.0
-       Dapat berbicara 2 arah secara bersamaan
-       Jarak jangkau antar pengguna 1000m
-       Dapat memutar musik (mp3)
-       Terdapat FM radio
-       Dapat berbicara dengan 1 pengguna.
Fitur Bluetooth intercom V.2.0
-       Dapat berbicara 2 arah secara bersamaan
-       Jarak jangkau antar pengguna 1200m
-       Dapat memutar musik (mp3)
-       Terdapat FM radio
-       Dapat berbicara dengan 1 pengguna.
Fitur Bluetooth intercom V.3.0
-       Dapat berbicara 2 arah secara bersamaan
-       Jarak jangkau antar pengguna 1500m
-       Dapat memutar musik (mp3)
-       Terdapat FM radio
-       Dapat berbicara dengan 1 pengguna.

Fitur Bluetooth intercom V.4.0
-       Dapat berbicara 2 arah secara bersamaan
-       Jarak jangkau antar pengguna 1500m
-       Dapat memutar musik (mp3)
-       Terdapat FM radio
-       Dapat berbicara dengan 2-3 pengguna.


n  Wireless Extender
 Sebagai penerima sinyal wifi lalu diteruskan kembali kepada pengguna tanpa mengurangi kecepatan sinyal wifi tersebut.
Fitur:
-       Dapat dipakai 5-7 pengguna
-       Wifi lebih jauh jaraknya
-       Kecepatan stabil.

Devicesat

n  Alat pengaman ganda sepeda motor berbasis RFID tag.
Alat ini merupakan alat pengaman ganda yang dipasang pada sepeda motor, alat ini menggunakan konsep tag RFID yang ditempelkan pada sepeda motor.
n  Alat pengaman ganda mobil berbasis aplikasi dan barcode.(masih rencana)
Alat ini merupakan alat pengaman ganda yang dipasang pada dashboard mobil yang sistemnya mobil tidak akan menyala bila tidak diberikan barcode yang diberikan pada pengguna, serta dapat mendeteksi keberadaan mobil melalui aplikasi.
n   Alat pendeteksi keberadaan kendaraan berbasis GPS.
Alat ini terigrasi melalui gps dan aplikasi berbasis android yang akan mendeteksi keberadaan kendaraan.





Karakteristik dan Perbandingan Kompetitif Produk

Produk kami menggunakan bahan pcb yang berkualitas dengan pembuatan peralatan menggunakan mesin yang sudah paten sehingga, tidak mudah rusak. Bahan yang digunakan menggunakan bahan asli buatan tangan Indonesia yang tentunya memiliki nilai kerajinan yang baik dan murah tentunya, oleh karena itu kita menjualnya dengan harga yang sangat kompetitif. Bahan plastic yang kami gunakan menggunakan bahan yang ramah lingkungan dan water resistant.


Analisis Pasar
Kami yakin bahwa produk kami akan laris manis karena kami menjualnya dengan ahrga yang sangat miring dengan berbagai keunggulan dan fiturnya, dibandingkan dengan merek sebelah yang mematok harga selangit.


Analisis Industri

Saat ini kami memang masih  70 persen menggunakan bahan sendiri, sedangkan 30 persennya masih bergantung pada bahan importer, namun kami yakin bahwa 2 sampai 3 tahun kedepan akan menjadi 100 persen buatan Indonesia asli.


Peramalan Pasar

Jika kelak tujuan jangka menengah kami sudah tercapai, Insya Allah kami siap bersaing di pasar Internasional, khususnya guna memenuhi kebutuhan konsumen  luar negeri. 


Strategi Pemasaran

Strategi kami adalah strategi samudera biru, yang mana perusahaan kami akan bekerja sama dengan perusahaan lain guna mencapai tujuan. Salah satunya adalah bekerja sama dengan beberapa perusahaan teknologi lokal dalam hal promosi dan pemasaran.


Organisasi

Perusahaan kami terdiri dari empat orang kepala bagian yang masing-masing akan mengepalai divisi yang dipimpinnya. Dengan saya sebagai CEO perusahaan.

Divisi Produksi
n  Kepala Produksi
Bertanggung jawab dalam menghasilkan produk yang berkualitas
n  Product designer
n  Product innovative
n  Quality check
n  Maintaining
n  Ketenagakerjaan

Divisi Keuangan dan Manajemen
n  Kepala keuangan dan manajemen
Bertanggung jawab dalam menyediaan dana produksi dan operasional
n  Akuntan
n  Administrasi

Divisi Operasional dan Pemeliharan
n  Kepala operasional dan pemeliharaan
Bertanggung jawab dalam penyediaan dan memelihara perlengkapan kerja. 
n  Teknisi
n  OB

Divisi Pemasaran
n  Kepala pemasaran
Bertanggung jawab dalam penjualan produk dan promosi.
n  Humas
n  Sales



Struktur Organisasi

Estimasi Biaya

Biaya Investasi

Perlengkapan kantor
n  2 buah meja kerja
n  2 buah cabinet
n  1 set kursi tamu
n  Dispenser
n  2 buah AC

Perlengkapan workshop
n  Robotic solder automatic
n  Electric tools
n  2 buah computer design
n  2 buah genset


Perangkat kantor
n  2 buah komputer P3
n  3 buah komputer P4
n  Sebuah Scanner
n  Sebuah Printer
n  Sebuah kamera digital
n  Sebuah Keyboard music



Total biaya investasi = Rp.250.000.000

Biaya Operasional
n  Sewa ruko 3 lantai selama lima tahun
n  Listrik selama setahun
n  Telepon selama setahun
n  Perlengkapan kantor setahun
n  Kemasan plastik dan packing 5000 buah
Total biaya Operasional = Rp.100.000.000

Total Biaya keseluruhan = total biaya investasi + total biaya operasional

Total Biaya = Biaya Investasi + Biaya Operasional
Rp. 250.000.000  + Rp.100.000.000  = Rp. 350.000.000


Pendapatan

3 produk setahun, harga penjualan x 3 x target penjualan = xxxx pertahun
Produk :
-       Bluetooth Intercom V.1.0 @Rp.250.000/buah (target 250 pcs)
=Rp.62.500.000
-       Bluetooth Intercom V.2.0 @Rp.350.000/buah (target 300 pcs
=Rp.105.000.000
-       Wireless Extender @Rp.250.000/buah (target 300 pcs)
=Rp.45.000.000
-       Alat pengaman ganda sepeda motor berbasis RFID tag @Rp.150.000/buah (target 350 pcs)
=Rp.75.000.000
-       Alat pendeteksi keberadaan kendaraan berbasis GPS @Rp.550.000/buah (target 250 pcs)
=Rp.137.500.000

Keuntungan

Keuntungan = Pendapatan - Total Biaya
Rp.425.000.000 – 350.000.000 = Rp.75.000.000


Revenue Cost Ratio (R/C)

R/C = Pendapatan : Total Biaya
Rp.425.000.000 : Rp.350.000.000  = Rp. 1.21

R/C sebesar xxx menunjukkan bahwa usaha tersebut masih layak dilakukan. Artinya dari setiap modal Rp. 1 yang dikeluarkan akan menghasilkan RP. 1.21

Break Event Point (BEP)

BEP Produksi = Total Biaya: Harga Jual
Rp. 350.000.000 : Rp 250.000 = Rp.1.400

BEP Produksi = Total Biaya: Harga Jual
Rp. 350.000.000 : Rp 350.000 = Rp.1.000

BEP Produksi = Total Biaya: Harga Jual
Rp. 350.000.000 : Rp 250.000 = Rp.1.400

BEP Produksi = Total Biaya: Harga Jual
Rp. 350.000.000 : Rp 150.000 = Rp.2.333.33

BEP Produksi = Total Biaya: Harga Jual
Rp. 350.000.000 : Rp 550.000 = Rp.636.36



Angkat tersebut menunjukkan bahwa investasi akan berada dalam titik impas jika dalam setahun mampu menjual produk sebanyak 100 buah/tahun dan tingkat harga jual Rp.200.000 /buah

No comments:

Post a Comment