DARI TUGAS MENGHASILKAN KARYA

SOFTSKILL

Monday 28 May 2018

WAP dan WWW


WAP (WIRELESS APPLICATION PROTOCOL)
Pengertian WAP adalah singkatan dari Wireless Application Protocol yang membuat pengguna HP bisa mengakses layanan informasi melalui telepon mereka – mirip dengan browsing pada sebuah halaman web. Konsep WAP adalah menggabungkan dua industri besar yang berkembang pesat, yaitu: Wireless dan Internet. Banyak peralatan wireless yang bisa dipakai untuk aplikasi WAP, antara lain Handphone, pager, smartphone, Communicator. Jenis layanan lain yang dapat digunakan dengan aplikasi WAP adalah email, unified messages, notifikasi pesan dan Call management, online address, dan termasuk memudahkan transaksi e-commerce.
Versi WAP forum telah mengeluarkan beberapa versi WAP, yang sudah diluncurkan adalah WAP 1.0; WAP 1.1; WAP 1.2; WAP 1.2.1; WAP 2.0. WAP versi 1.0 dirancang pertama kali pada April 1998. Versi 1.1 sudah diluncurkan sejak Mei 1999. WAP versi 1.2.1 diluncurkan juni 2000 dan WAP versi 2.0 diluncurkan pada pertengahan tahun 2001.
Cara kerja WAP sendiri terdiri dari 5 layer, yaitu :
  • Wireless Application Environment (WAE),
  • Wireless Session Protocol (WSP),
  • Wireless Transport Protocol (WTP),
  • Wireless Data Protocol (WDP)
  • dan Wireless Transport Layer Security (WTLS).


  • WAE (Wireless Application Environment):

WAE mengadopsi pemodelan WWW, format content-nya serupa dengan standar internet, WAE User agent (perangkat wireless / emulator), format elemen-elemen seperti WML, WMLS, dan WBMP sebagai pembentuk content.
  • WSP (Wireless Session Protocol):

Layer untuk menangani inisialisasi protokol, konfigurasi dan error condition (seperti gagalnya hubungan karena mobile station berada diluar layanan coverage area). Selain itu juga mengatur pertukaran content aplikasi antar client dan server.
  • WTP (Wireless Transaction Protocol):

Layer untuk mengatur pertukaran data (response / request) dari suatu aplikasi, misalnya saat browsing, mekanisme response / request ini disebut transaction. Selain itu menjamin transaksi tersebut tidak mengalami loss connection serta menghindari duplikasi pesan.
  • WTLS (Wireless Transport Layer Security):

Layer sebagai interface untuk pengaturan (creating and terminating) koneksi yang aman, privacy, data integrity, autentifikasi, handshaking, denial of service protection, SSL (Secure Socket Layer) dan compression.
  • WDP (Wireless Datagram Protocol):

Membuat dukungan terhadap berbagai type network, pengalamatan aplikasi  dengan port number, optional error detection.
Dari kelima layer tersebut yang terlihat hanyalah WAE, yang menampilkan isi web ke layar. WAE terdiri atas wireless markup language, sebuah variant HTML yang biasa digunakan untuk menampilkan isi web di monitor. WML terdiri dari text dan hyperlink, tetapi bukan grafis.Ketika halaman WAP terlihat di mini browser pada ponsel, bagian lain dari WAP menjalankan bagian peranan penting di belakang layar. Wireless Session Protocol membuka dan menutup koneksi ke situs WAP. Wireless Transport Protocol membuat paket data berjalan sesuai dengan arahnya. Koneksi wireless kurang dapat diandalkan dibandingkan dengan koneksi kabel. Sehingga untuk menjaga agar data yang anda kirim dan terima berjalan dengan benar sangatlah penting. Wireless Layer Security, sebuah bagian dari Secure Socket layer yang biasanya digunakan untuk keamanan di web, mengkompres dan mengenkripsi data yang dikirim dari piranti wireless. Saat anda terkoneksi ke jaringan wireless dan meminta akses ke sebuah situs web yang mendukung WAP, telepon seluler akan mengirimkan permintaan tersebut ke gelombang radio ke sel terdekat dan langsung dirutekan ke internet melalui sebuah server gateway. Server gateway tersebut menerjemahkan permintaan ke format standard HTTp dan meneruskannya ke situs web.
Berdasarkan WAP forum (http://www.WAPForum.org), WAP telah menjadi standard internasional untuk komunikasi antara sebuah mobile handset dan jaringan internet atau aplikasi komputer. WAP merupakan format baru di dalam teknologi internet. WAP dirancang khusus untuk dapat beradaptasi (interface) dengan aplikasi penjelajah internet sederhana yang terdapat dalam handphone saat ini. Format WAP ditulis dengan .wml sedangkan format web site biasanya ditulis dengan .html. Teknologi WAP bekerja dalam modus teks dengan kecepatan berkisar 9,6 kbps.

WWW
Sejarah Singkat WWW. WWW adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya Untuk itu, beliau mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Enquire Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakanjaringan yang menautkan berbagai arsip sehingga memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan Inilah yang kelak menjadi dasar dari sebuah perkembangan pesat yang dikenal sebagai WWW. WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss Pada tahun 1989 Berners-lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, kemudian pada bulan Oktober 1990, 'World Wide Web' sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet

Fungsi World Wide Web (WWW)
Fungsi WWW adalah menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. Hal ini senada dengan pengertian www yang telah disebutkan di atas. Dengan demikian, salah satu fungsi www di internet menawarkan berbagai kecanggihan dan kemudahan

Fasilitas World Wide Web (WWW)
Fasilitas WWW Internet sering disebut sebagai rimba raya informasi dengan sekian banyak layanan yang bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin, bahkan cukup banyak yang gratis. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik internet saat ini. Dan kalo diamati lagi, bahwa sebenarnya semuanya adalah World Wide Web dengan beragam layanan yang ditawarkan. Berikut ini beberapa jenis layanan WWW yang perlu diketahui, antara lain :
  • WebMailService Salah satu layanan yang paling banyak digunakan orang di internet adalah email, dan untuk bisa saling berkirim email kita harus memiliki email account tertentu. Saat ini sudah cukup banyak situs web yang memberikan email account secaa gratis tanpa bayar. Kita bisa langsung memesan sebuah email account dengan nama tertentu sesuai dengan keinginan kita. Contoh : mail.yahoo.com, www.hotmail.com, dll.
  • SearchEngine Seringkali kita memerlukan untuk mencari sesuatu dari web, akan tetapi kita belum mengetahui dimanakah alamat situs web yang memberikan layanan atau informasi tersebut. Padahal jumlah situs web saat ini sudah mencapai ratusan juta situs dengan berbagai layanan yang ditawarkan. Untuk itu kita memerlukan sebuah aplikasi bantu yang akan mencari apa yang kita butuhkan di situs-situs web. Alat bantu itu disebut Search Engine. Dengan search engine kita akan cepat menemukan alamat situs yang berisi informasi yang kita butuhkan. Contoh situs search enngine : www.google.com, www.yahoo.com,dll.
  • WebHosting Setelah proses design dan proses penyusunan sebuah situs web selesai, maka selanjutnya kita akan upload situs tersebut di internet. Untuk itu kita memerlukan web space untuk meletakkan situs yang telah jadi itu. Bila kita berlangganan pada sebuah ISP, biasanya kita diberikan space khusus untuk keperluan ini. Akan tetapi bila tidak demikian, kita dapat menggunakan layanan web hosting gratis yang ditawarkan di internet. Contoh situs yang menawarkan web hosting gratis yaitu : www.geocities.com, www.coolfreepages.com,www.lonex.com,dll.
  • Portal. Kalau dalam dunia nyata kita kenal mall atau plaza, yang menyediakan semua yang kita butuhkan saat belanja, maka di dunia maya pun ada fasilitas seperti ini. Di dalam satu situs web, tidak hanya menawarkan satu layanan saja, tetapi bermacam-macam layanan sekaligus. Situs seperti ini, disebut sebagai portal. Contoh portal: www.yahoo.com, www.astaga.com, dll.

 referensi :
http://nokiaedition.blogspot.co.id/2008/10/pengertian-wap-dan-gprs.html
http://www.ilmushare.com/2010/10/pengertian-wap.html?m=0
http://ilmuti.org/wp-content/uploads/2014/03/Andriyanto_PENJELASAN-SEJARAH-DAN-FUNGSI-WORLD-WIDE-WEB.pdf

No comments:

Post a Comment