DARI TUGAS MENGHASILKAN KARYA

SOFTSKILL

Sunday 27 May 2018

Enkripsi


ENKRIPSI
Pengertian enkripsi adalah proses encoding (pengkodean/penyandian) sebuah pesan, dan proses tersebut bisa mengambil berbagai macam bentuk. Di bidang kriptografi, enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus. Dikarenakan enkripsi telah digunakan untuk mengamankan komunikasi di berbagai negara, hanya organisasi-organisasi tertentu dan individu yang memiliki kepentingan yang sangat mendesak akan kerahasiaan yang menggunakan enkripsi
Selain itu, enkripsi adalah nama yang diberikan untuk proses penerapan algoritma pada sebuah pesan, yang mana proses tersebut akan mengacak data di dalamnya sehingga sangat sulit dan memakan waktu apabila data hasil enkripsi tersebut disimpulkan tanpa mengetahui kode/sandi khusus. algoritma tersebut biasanya melibatkan data rahasia tambahan yang disebut kunci, yang mencegah pesan untuk disimpulkan bahkan jika algoritma tersebut sudah umum dan dikenal oleh publik.
Jenis – jenis enkripsi
Enkripsi Statis
Enkripsi statis bertujuan memberikan perlindungan seandainya komputer atau peralatan komunikasi hilang atau menjadi obyek pencurian. 10 tahun yang lalu, pencurian komputer bukanlah persoalan lantaran ukuran saat itu tergolong besar sehingga susah dipindahkan. Di jaman sekarang, laptop dengan mudah bisa dijinjing dan alat komunikasi juga tidak kalah ringan. Semua peralatan itu berdaya-olah tinggi serta bisa menyimpan informasi dalam jumlah besar tapi lebih mudah hilang. tambahan lagi, berbagai piranti tambahan seperti MMC Flash drive .dan CD-ROM bisa menyimpan informasi sensitif juga metode yang sering dipakai dalam enkripsi dinamakan full Disk encryption (FDE). FDE menyiratkan bahwa semua informasi yang ada akan di-enkripsi. tidak perlu dilakukan pemilahan mana yang perlu di enkripsi dan mana yang tidak. kebanyakan sistem operasi dilengkapi dengan kemampuan FDE, jika diperlukan cuma perlu diaktifkan saja. Sebagai contoh, MAC OS memiliki FileVault, sedangkan beberapa versi windows menyertakan bitlocker.
Enkripsi Transisi
Informasi juga rentan penyalahgunaan pada saat dalam proses pengiriman. jika tidak dienkripsi, mungkin saja diabasi dan dicegat ditengah jalan. oleh sebab perlu dipastikan adanya enkripsi komunikasi sensitif online seperti pada jasa perbankan, pengiriman surel atau bahkan akses ke  media sosial. enkripsi online yang paling lazim dipakai adalah ;HTTPS. Dengan cara ini semua lalu-lintas data antara browser dan website sepenuhnya dienkripsi. Perhatikan .kode https:// di alamat URL, simbol gembok pada browser atau baris tampilan URL berubah warna mennadi hiau ini adalah tanda bahwa komunikasi dilakukan dengan enkripsi.

Berdasarkan pemakaian algoritma enkripsi dibedakan menjadi 2 jenis  
Algoritma Symmetric key menggunakan kunci enkripsi yang terkait atau identik untuk enkripsi dan dekripsi.
Algoritma Asymmetric key menggunakan kunci berbeda untuk enkripsi dan dekripsi. biasanya ini disebut sebagai Public-key Cryptography.

 Enkrpsi Symetric
Simetris adalah enkripsi yang paling sederhana yang hanya melibatkan satu kunci rahasia untuk menyandikan dan menguraikan informasi. Enkripsi simetris merupakan teknik lama dan paling terkenal. Metode ini menggunakan kunci rahasia yang bisa berupa angka, kata atau string huruf acak. Ini adalah gabungan plain text (teks polos) yang dipadukan dengan sebuah konten dengan cara tertentu. Pengirim dan penerima harus mengetahui kunci rahasia yang digunakan untuk mengenkripsi dan mendekripsi semua pesan. Connto enkripsi simetris adalah Blowfish, AES, RC4, DES, RC5, dan RC6, sedangkan algoritma simetris yang paling umum digunakan adalah AES-128, AES-192, dan AES-256.

Enkripsi Asymetric
Enkripsi asymmetric menggunakan kunci yang berbeda untuk enkripsi dan dekripsi. Penerima pesan memiliki sebuah kunci pribadi dan kunci publik. Kunci publik diberikan ke pengirim pesan dan mereka menggunakan kunci publik untuk melakukan enkripsi pesan. Penerima menggunakan kunci pribadi untuk membuka pesan enrkipsi yang telah dienkripsi menggunakan kunci publik si  penerima. Ada satu keuntungan melakukan enkripsi dengan menggunakan metode ini. kita tidak perlu mengirim sesuatu yang rahasia (seperti kunci enkripsi kita atau password) melalui saluran yang tidak aman. kunci publik kamu akan lihat ke dunia dan itu bukan rahasia. kunci rahasia kamu akan tetap aman di komputer kamu, dimana itu tempatnya.

Manfaat Enkripsi
Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari enkripsi adalah
  1. Kerahasiaan suatu informasi terjamin.
  2. Menyediakan authentication dan perlindungan integritas pada algoritma checksum/hash
  3. Menanggulangi penyadapan telepon dan email.
  4. Untuk digital signature. Digital signature adalah menambahkan suatu baris statemen padasuatu elektronik copy dan mengenkripsi statemen tersebut dengan kunci yang kita miliki danhanya pihak yang memiliki kunci deskripsinya saja yang bisa membukanya
  5. Untuk digital cash


Kerugian Enkripsi
  1. Penyalahgunaan dan kerugian dari enkripsi adalah
  2. Penyandian rencana teroris.
  3. Penyembunyian record criminal oleh seorang penjahat.
  4. Pesan tidak bisa dibaca bila penerima pesan lupa atau kehilangan kunci


referensi :
https://www.scribd.com/doc/310170567/Pengertian-Dan-Konsep-Dasar-Enkripsi
http://mti.binus.ac.id/files/2013/08/Konsep-Enkripsi-dekripsi.pdf
http://jurnal.unpad.ac.id/jmi/article/download/10196/pdf

No comments:

Post a Comment