DARI TUGAS MENGHASILKAN KARYA

SOFTSKILL

Tuesday 5 May 2015

Hubungan Teknik Elektro Dengan Ilmu Budaya Dasar

Dari semua jurusan perkuliahan yang ada diIndonesia atau bahkan diDunia ini tidak menutup kemungkinan mempunyai nilai budaya yang telah mengakar dari sebelum-sebelumya yang diikuti oleh penerus-penerus mereka. Dari sekian banyaknya jurusan yang ada dan banyak berbagai budaya yang terkandung didalamnya, pada postingan kali ini saya akan membahas apasih kaitannya ilmu budaya dasar dengan teknik elektro?, karena memang saya kebetulan mahasiswa dari jurusan teknik elektro.
Sebelum kita membahas kaitannya langsung alangkah baiknya untuk mengetahui apa itu teknik elektro, karena tidak semuanya mengetahui secara detail teknik elektro itu sendiri dan penjelasan singkat apa  itu budaya dasar. Dan kaitan hal tersebut itu seperti apa? Maka dari itu yuk mari kita simak dulu teknik elektro itu apa?.
Apa itu “Teknik Elektro” ? mungkin ini adalah pertanyaan bagi orang yang belum tahu mengenai teknik elektro. Ada juga yang tau elektro itu ya tentang listrik dan elektronika. ya itu emng jawaban yang umum atau kalau dulu bisa dikatakan namanya arus lemah dan arus kuat. tapi, sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan,teknologi dan informasi pengertiannya menjadi lebih luas.
Awal mulanya elektro berasal dari penemuan lampu oleh thomas alfa edisson. Beliau telah melakukan ratusan percobaan untuk menemukan bahan dasar pembuat lampu. Kalau menurut saya pengertian teknik elektro secara luas adalah ilmu yang mempelajari rekayasa mengenai listrik, elektronika, telekomunikasi, komputer, kendali yang berfungsi untuk mempermudah pekerjaan manusia dalam kehidupan sehari-hari. jadi tidak hanya sekedar belajar arus kuat / electrical atau arus lemah/ elektronics lagi.
Organisai internasional bidang ke-elektro-an disebut dengan IEEE (institute of electrical and electronics engineering). Organisasi ini dibentuk di amerika serikat. Di Indonesia juga ada cabang dari IEEE tersebut yaitu IEEE indonesia section. Nah, dibawah section tersebut ada yang namanya student branch (organisasi IEEE untuk mahasiswa) yang terdapat di beberapa kampus diantaranya UI, ITS,IT Telkom, ITB, dan UGM (diurutkan berdasarkan student branch yang paling awal berdiri).Dan sampai sekarang sebagian besar universitas – universitas yang ada diIndonesia sudah memiliki jurusan teknik elektro.
Di Elektro ini banyak sekali yang dipelajari, tidak mengenai listrik dan komponen-komponen saja. sarjana teknik elektro jelas sangat berbeda dengan tukang servis biasa, namun sarjana elektro diperguruan tinggi lebih dominan memanajemen perusahaan – perusahaan yang berkaitan dengan elektronika. Tidak hanya itu, banyak sekali prospek kerja jurusan teknik elektro ini. Penjurusan dari elektro ini ditempat perkuliahan saya ada 3 penjurusan. Yaitu : Arus Kuat , Arus Lemah, dan jaringan(telkom).
Lalu kaitannya dengan budaya apa? Nah seperti saya bilang tadi teknik elektro adalah ilmu yang sangat berkembang sekali sesuai dengan perkembangan zaman dan akan terus berkembang sampai masa depan, dari perkembangan tersebut pasti melahirkan budaya yang terus menerus berlanjut untuk menciptakan berbagai alat teknologi yang maju serta mutakhir. Dari kebiasan menciptakan sesuatu itulah timbul budaya untuk meningkatkan kemajuan dari suatu karya elektronika. Contoh sederhana yaitu seperti teknologi yang sudah melekat dan membudaya pada semua kalangan umat manusia yaitu handpohone, handphone itu merupakan suatu alat komunikasi yang bekerja melalui energi kelistrikan, pada awal mula teknologi komunikasi tersebut masih sangat jarang sekali karena memang dulu masih zaman melalui surat menyurat dan belum bisa menggunakan alat elektronik tersebut. Lalu dengan perkembangan zaman hingga saat ini justru orang tidak bisa lepas dengan benda elektronik yang satu ini, karena kecanggihan teknologinya serta konsisten dalam membangun dan menciptakan hal-hal yang baru. Dan sampai saat inilah menjadi alat yang sangat membantu dalam hal komunikasi bahkan berbagai banyak kegunaan(multi use). Dari yang hanya bisa untuk menelpon saja, karena kebiasaan tersebut menjadi akar budaya dan titik bakal menjadi budaya yang sangat diperlukan, dan sampai saat ini berkat kecanggihan elektronika tersebut dan budaya berkomunikasi itulah bisa berkembang pesat seperti sekarang ini.
Itu adalah hanya satu contoh kecil perkembangan teknologi elektronika yang menjadi budaya masyarakat sekarang ini, masih banyak lagi contoh-contoh lain peralatan yang menggunakan energi kelistrikan. Mungkin seperti itulah gambaran hubungan budaya dengan jurusan teknik elektro.
Elektro itu membuat dunia lebih indah (Hartono, Kajur Teknik Elektro UG).

Fully solidarity.

No comments:

Post a Comment