DARI TUGAS MENGHASILKAN KARYA

SOFTSKILL

Monday 29 September 2014

Penjelasan Manusia sebagai Makhluk Sosial dan Berbudaya




TUGAS SOFT SKILL
Penjelasan Manusia Sebagai Makhluk Sosial dan Berbudaya


1.    Pengertian Makhluk Sosial dan Berbudaya
1.1.         Pengertian serta Penalaran Manusia sebagai Makhluk Sosial
Menurut pandangan pribadi saya : Kita sebagai umat manusia harus mensyukuri apa yang telah dianugerahkan oleh Tuhan yang Maha Esa. Karena Dia-lah yang telah memberikan kita karunia alam semesta ini yang isinya merupakan sesuatu yang harus kita pertahankan dan kita jaga baik – baik. Salah satunya itu mempunyai anugerah untuk berinteraksi sosial, Mengapa demikian? Karena secara ilmiah manusia terlahir sebagai makhluk sosial, tidak bisa dipungkiri bahwa manusia tidak dapat hidup seorang diri, dalam arti kata kita saling membutuhkan satu sama lain. Hal ini terjadi dalam berbagai aspek kehidupan, baik dalam aspek ekonomi, politik, pendidikan, dan sosial. Manusia disebut mahkluk sosial dikarenakan manusia hidup tidak dengan kehendaknya sendiri, melainkan tunduk dan taat pada aturan dan norma yang berlaku dalam lingkungannya agar terwujud suatu hidup yang aman, nyaman, tenteram dan harmonis serta saling tolong menolong dan saling menghargai.

Menurut Para Ahli                       :
-         Menurut KBBI :
Makhluk social adalah manusia yang berhubungan timbal balik dengan manusia lain.
-         Menurut Elly M. Setiadi :
Makhluk social adalah makhluk yang didalam hidupnya tidak bias melepaskan diri dari pengaruh orang lain.
-         Menurut Dr. Johannes Garang :
Makhluk social adalah makhluk berkelompok dan tidak mampu hidup menyendiri.
-          Menurut Aristoteles :
Makhluk sosial merupakan zoon politicon, yang berarti menusia dikodratkan untuk hidup bermasyarakat dan berinteraksi satu sama lain
-          Menurut Liturgis :
 Merupakan makhluk yang saling berhubungan satu sama lain serta tidak dapat melepaskan diri dari hidup bersama.







1.2.         Pengertian dan penalaran manusia sebagai mahkluk berbudaya

Menurut pandangan  pribadi   : Didunia ini ada beragam budaya yang tersebar diseluruh negara termasuk Indonesia, Di Indonesia saja ada beribu budaya yang sudah ada sejak zaman nenek moyang kita. Namun yang akan saya bahas disini adalah manusia sebagai makhluk berbudaya. Manusia sebagai mahkluk berbudaya yang saya maksud adalah manusia yang memiliki pola hidup serta keteraturan yang sudah ada dalam masyarakat, baik itu dalam sisi positif maupun negatif yang bertujuan untuk menciptakan suatu kebahagian dalam hidup maupun untuk mencapai kepuasan individual atau kelompok. Budaya itu sendiri dilakukan secara terus menerus dan dalam kurun waktu yang relatif lama, yang kemudian menjadi suatu kebiasaan yang jika dilakukan sudah menjadi suatu hal yang biasa. Pelaku dalam budaya itu sendiri merupakan manusia, yang kemudian disebut sebagai manusia yang berbudaya.





1.3.         Keterkaitan antara manusia sebagai mahkluk sosial dan manusia sebagai makhluk yang berbudaya.
Kaitan antara manusia sebagai mahkluk sosial dan berbudaya adalah karena suatu budaya diciptakan dan dilakukan oleh individu maupun sekelompok orang yang memiliki tujuan dan pola hidup yang sama dan mereka saling melengkapi kekurangan yang ada dalam menjalankan budaya tersebut sebab manusia merupakan mahkluk sosial yang memiliki kebiasaan hidup yang membudaya dalam masyarakat itu sendiri.
2.                Unsur – unsur yang mempengaruhi manusia sebagai makhluk sosial dan berbudaya
Manusia sebagai makhluk sosial dan berbudaya tidak terlepas dari unsur – unsur yang dapat mempengaruhinya, unsur tersebut saling berkaitan satu sama lain dan tidak dapat ditinggalkan satu unsurpun. Unsur – unsur tersebut yaitu :
-            Keluarga
-            Teman
-            Sekolah
-            Lingkungan masyarakat
-            Media massa maupun elektronik
3.                Bagaimana bisa budaya mempengaruhi perilaku manusia
Kebiasaan yang sudah mengakar dan membudaya dalam masyarakat tentu saja dapat mempengaruhi perilaku manusia itu sendiri dan dapat merusak komponen keteraturan yang sudah teripta dilingkungan, apalagi jika budaya tersebut merupakan budaya yang kurang baik serta dapat mendoktrin generasi muda (generasi pendatang) untuk menjadi penerus dan pewaris dari budaya yang sudah ada karena mencontoh berbudaya yang tidak baik dari generasi sebelumnya. Namun budaya itu merupakan budaya yang baik maka akan berpengaruh juga pada manusia tersebut menjadi insan yang lebih baik seperti tercipta asas kekeluargaan yang  sangat erat, toleransi yang tinggi, serta sikap menghormati dan mengasihi satu sama lain.

4.                Contoh Manusia sebagai makhluk sosial dan berbudaya
1.     Budaya gosip / menggunjingkan orang lain
Budaya ini merupakan kebiasaan buruk yang membudaya dalam masyarakat dan biasanya pelakunya lebih dari satu orang atau terjadi saat manusia saling bersosialisasi dan berinteraksi.
2.     Budaya berpakaian
Hal ini terjadi saat manusia atau sekelompok manusia yang sedang berkumpul, melihat mode pakaian yang baru dan dianggap bagus maka secara spontan mereka akan mengikutinya dan mengakar dalam diri.
3.     Budaya tolong menolong
Budaya tolong menolong biasanya terjadi pada masyarakat pedesaan yang masih memegang tegus prinsip kekeluargaan.
4.     Budaya boros
Rata – rata kaum wanitalah yang sering melakukan budaya ini, sebab mereka terpengaruh oleh teman sepermainan untuk menghamburkan uang secara tidak terkendali (berlebihan)
5.  Budaya Antre
         Budaya ini merupakan budaya yang secara skala besar mayoritas masyarakat kita sudah mengabaikan budaya yang sangat baik ini, karena budaya ini jika ditinggalkan akan membuat efek kesal terhadap orang lain. 
6.     Budaya tidak tepat waktu (ngaret)
Hal ini umum terjadi pada masyarakat Indonesia dan sudah menjadi hal yang biasa bagi para pelaku. Namun hal ini dapat membuat kesal seseorang yang menunggunya hal ini sangat berpengaruh sekali dalam proses bersosialisasi







5.     Dampak Positif dan negatif manusia sebagai makhluk sosial dan berbudaya
a.       Dampak Positif
-   Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan
-   Masyarakat menjadi lebih memiliki sikap Bhineka Tunggal Ika
-   Memprerat tali pesaudaraan di kalangan masyarakat
-   Menjaga keharmonisan sosial


b.       Dampak Negatif
-       Terciptanya cinta budaya asing yang masuk secara bebas
-       Hilangnya budaya lokal
-       Ketergantungan terhadap budaya yang masuk
-       Tidak dijalankannya norma yang ada

6.       Pengaruh sosial dan budaya yang kita alami sekarang
-       Memiliki rasa keinginan yang tinggi akan suatu hal
-       Tidak adilnya hukum yang sudah ditetapkan sesuai UUD
-       Menyebabkan kudeta HAM
-       Kurangnya keamanan dan kenyamanan lingkungan
-       Menyebabkan perpecahan antar kelompok (geng)
-   Money politic





DAFTAR PUSTAKA

http://mahaliyanahariyanti.blogspot.com/2012/11/manusia-sebagai-makhluk-sosial.html

No comments:

Post a Comment